Selamat Datang di situs resmi SMP PGII 1 Bandung | Lokasi Jalan Panatayuda No.2 Bandung 40132 Telp.022-2500604 | Siap menjadi Sekolah yang Unggul | Membentuk Anak Yang Sholeh dan Cerdas
Cari Berita atau Artikel yang terkait di situs ini !
Custom Search

Guru Jembatan Mempersiapkan Peserta Didik Menjadi Bagian Dari Anggota Masyarakat

Tuntutan profesionalitas guru akan menjadi taruhan terhadap kinerja guru di masa yang akan datang,dalam menghadapi perkembangan jaman yang mengarah pada era globalisasi. Guru akan mengalami cultural lag(ketertinggalan budaya), apabila dalam diri guru tidak siap merubah mentalitas dan mind set yang seperti itu.

Profesionalisme bukan lagi suatu mimpi yang tak terjangkau,apabila dalam diri guru sebagai leader the change(pemimpin perubahan), muncul tanggung jawab moral terhadap kewajiban untuk terus menerus meningkatkan kualitasnya, dengan tidak kenal lelah, didorong keyakinan akan kemampuannya, pasti ada, karena Allah yang memberi kemampuan, Allah tak pernah tidur, Allah menyaksikan cucuran keringat, jatuh bangunnya guru, bahkan luapan emosi guru pun dinilai ibadah oleh Allah, karena semua ini berangkat dari tanggungjawab dan rasa kasih sayang guru kepada peserta didiknya.

Guru akan terus menempa kemampuannya dengan mempelajari macam-macam metode pembelajaran, PAIKEM (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan), pendalaman materi  yang diajarkan , menguasai media pembelajaran, penilaian pendidikan, penelitian tindakan kelas, melatih karya tulis ilmiah, pelaksanaan pembelajaran (peer teaching), dan lain-lain.(Jamal Ma’mur Asmani, Maret-2011 :5-8).

Sudah begitu banyak penelitian yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait, untuk memajukan dunia pendidikan kita. Tetapi semua tidak akan berhasil apabila guru sebagai ujung tombak dunia pendidikan tidak menyadari tugas dan tanggungjawabnya. Merubah peserta didik  dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak cakap menjadi cakap, dari tidak terampil menjadi terampil, merupakan  tugas dan tanggungjawab guru, yang bermuara pada mempersiapkan peserta didik menjadi bagian dari anggota masyarakat yang siap menghadapi kehidupan yang sebenarnya. Mereka akan dilatih untuk survive di tengah gelombang kehidupan nyata, yang pasti akan dihadapi mereka kelak , sebagai manusia dewasa, yang utuh dan siap menghadapi tantangan jaman.

Menyadari hal itu guru harus mampu menjembatani antara pengetahuan teoritis, dengan pengalaman di lapangan, antara ilmu pengetahuan  dengan dunia nyata sehari-hari, mampu menjawab permasalahan hidup, mampu mengatasi kesulitan hidup dengan ilmu yang telah dimilikinya. Masalah adalah kesenjangan antara harapan dan kenyataan, memperpendek antara das sein (harapan) dan das solen (kenyataan hidup ).

Mendekatkan peserta didik dengan dunia keseharian , merupakan sesuatu yang harus dilakukan , agar ilmu yang mereka terima bukan hanya sekedar teori yang tak bermakna, tetapi bekal kecakapan hidup yang sangat berarti, yang pada gilirannya mampu melahirkan generasi yang tangguh (struggle), yang tak kenal putus asa dan memahami kesulitan hidup sebagai tantangan dan peluang merubah diri, meningkatkan kualitas hidup, serta mampu mewujudkan kesejahteraan lahir batin, dunia akhirat.

Merubah paradigma  guru bukan hanya sekedar sebagai transformator ilmu, tetapi jaga sebagai transformator jiwa, akan memacu guru terus menerus belajar. Guru sebagai model kehidupan bagi peserta didik, akan mendorong motivasi ke   arah yang lebih baik. Kelak guru tidak lagi dipandang sosok yang normatif,tetapi mampu melatih siswa siap menghadapi kehidupan nyata.Di dorong oleh keyakinan sebagai modal, menjadikan tantangan sebagai peluang ibadah, insya Allah akan melahirkan guru yang siap menghadapi hidup, yang akan ditransfer kepada peserta didik di lain pihak, dilandasi keiklasan dan hanya berharap ridho Allah semata. Sedikit motto yang akan menambah keyakinan kita semua, bahwa, “tidak ada prajurit yang terlatih, tetapi yang ada adalah prajurit yang selalu berlatih”.

Sumber :
Dra.Nining Darningsih
Wakasek Bidang Kurikulum SMP PGII 1 Bandung

kirim ke teman | versi cetak



2013-03-08 10:41:56

Berita "Pendidikan" Lainnya

PPDB Online - SMP PGII 1





Pengumuman

Google Ads



Ingin Jadi Pengusaha?

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Login


Username
Password

Daftar
Lupa Password

Pesan Singkat

Artikel Terakhir

Kalender

« Aug 2018 »
M S S R K J S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31 1
2 3 4 5 6 7 8

Sponsor