Selamat Datang di situs resmi SMP PGII 1 Bandung | Lokasi Jalan Panatayuda No.2 Bandung 40132 Telp.022-2500604 | Siap menjadi Sekolah yang Unggul | Membentuk Anak Yang Sholeh dan Cerdas
Cari Berita atau Artikel yang terkait di situs ini !
Custom Search

8 Langkah Menuju Suatu Kehidupan Yang Baru

Setiap orang mempunyai kekuatan dan kelemahan pada dirinya masing-masing. Perlu fokus yang tajam untuk menjadi manusia yang kuat atau sebaliknya tanpa usaha yang keras akan membuat lemah dan terpuruk.

Perlu latihan yang keras dan usaha disiplin diri yang mantap untuk menjadi pribadi yang mantap, bahagia, lebih berdaya dan lebih efektif, sebagaimana yang ditulis oleh Norman Vincent Peale, D.D. dalam bukunya Sukses dan Prestasi (Volume I).  Artinya perlu mengeluarkan tenaga tambahan untuk menerapkannya delapan langkah berikut ini :



  1. Rumuskanlah secara jelas sasaran utama anda dalam hidup ini.
    Tuliskanlah suatu uraian singkat dari sasaran yang hendak dicapai dan kapan anda hendak mencapainya. Letakkanlah tulisan tersebut dekat anda. Bisa dekat tempat tidur, dekat tempat belajar anda, agar setiap pagi anda dapat membaca tulisan tersebut.

  2. Gunakan imajinasi untuk mewujudkan hasrat.
    Bila anda tidak mendambakan sesuatu, maka tidak perlu membuat sasaran hidup, tapi bila anda mendambakannya maka perlu menetapkan sasaran hidup. Impian dan harapan belumlah cukup tapi harus memiliki hasrat yang kuat. Orang lain tidak bisa menciptakan hasrat anda, tapi anda sendiri yang dapat membangun dan mengembangkannya. Bagaimana cara mengembangkan hasrat? Yaitu dengan mambayangkan keuntungan yang akan diperoleh dari keberhasilan meraih sasaran yang ingin dicapai. Mereka yang sukses di dunia ini mengatakan bahwa kesuksesannya berasal dari kejelasan dari tujuan dan intensitas menerapkan hasrat

  3. Bersiap untuk membayar apa yang anda peroleh
    Berkarya, meraih berbagai kesempatan, meraih keinginan tentu memerlukan pengorbanan, itulah sesuatu yang harus kita bayar. Tidak mungkin seseorang menikmati kebahagiaan dari kemalasan, tapi pasti menikmati kebahagiaan dari hasil kerja keras dan pengorbanan. Jadi jika kita tidak mau membayar harganya, maka usaha kita hanya sia-sia saja dan membuang-buang waktu saja.

  4. Kirimlah isyarat-isyarat  yang benar pada pikiran bawah sadar anda
    Pikiran bawah sadar kita adalah suatu mesin yang luar biasa, ia merupakan komputer yang harus diprogram dengan benar. Jika dialirkan ke pikiran bawah sadar adalah pikiran yang penuh ketakutan, keraguan, kegagalan, kemalasan, maka di pikiran bawah sadar kita tidak akan ada sesuatu yang akan membangun pikiran kita di masa yang akan datang. Pikiran bawah sadar kita harus diisi atau mendapat kiriman pikiran yang baik saja dan teratur. Maka lambat laun akan menerimanya danmelahirkan rencana, gagasan, pandangan dan energi yang baik.

  5. Rela menerima kegagalan untuk sementara waktu.
    Menurut seorang ahli bahwa mereka yang sukses di berbagai bidang kehidupan mengatakan bahwa pada ada ciri yang sama pada setiap orang yaitu : persistensi. Persistensi di sini adalah keinginan atau hasrat untuk bangun kembali dari kegagalan, bangun kembali dari kekalahan, bahkan bangun kembali setelah menyerah.

  6. Percaya pada kekuatan pikiran
    Ini adalah nyata bahwa kekuatan yang paling ampuh di dunia ini adalah gagasan yang bermula dari kekuatan pikiran. Jika kita mau berpikir walaupun hanya sedikit saja, kita pasti akan memperoleh hasil.

  7. Jangan menuduh diri sendiri
    Jangan pernah merasa bahwa setiap kegagalan berasal dari kelemahan kita sendiri. Kita menjadi ciut, berhenti melecehkan usaha kita yang gagal. Banyak faktor yang mempengaruhi kegagalan itu. Jangan pernah menuduh diri sendiri, sebaiknya memperbaiki pikiran buruk kita dengan mulai belajar, mulai berlatih lagi.

  8. Berhenti memutus keadaan
    Hal ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang dalam hidupnya tidak konsisten dan fokus pada tujuan hidupnya. Kurangi pikiran membatasi, berandai-andai, berkata saatnya tidak tepat , tidak percaya pada keadaan. Orang-orang yang berhasil adalah orang yang mencari keadaan yang diinginkannya, jika tidak menemukannya maka ia menciptakannya.



Oleh karena itu periksa diri anda, jika belum fokus, maka pusatkan perhatian anda dan mulai melakukannya sejak hari ini.

Sumber :
Norman Vincent Peale, D.D.
dalam bukunya Sukses dan Prestasi (Volume I)

kirim ke teman | versi cetak



2013-03-08 11:17:04

Berita "Pendidikan" Lainnya

PPDB Online - SMP PGII 1





Pengumuman

Google Ads



Ingin Jadi Pengusaha?

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Login


Username
Password

Daftar
Lupa Password

Pesan Singkat

Artikel Terakhir

Kalender

« Oct 2018 »
M S S R K J S
30 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10

Sponsor