Pemerintah melalui SKB 3 Menteri telah mempersilahkan kepada sekolah yang siap membuka pembelajaran tatap muka (PTM). Namun demikian pemerintah pusat dan daerah harus berhati hati dalam memberikan rekomendasi ini. Kita sebagai yang beriman kepada Allah SWT.  meyakini bahwa Allah memberikan penyakit dan Allah pulalah yang akan mengangkatnya namun kita sebagai hambaNya diwajibkan untuk berikhtiar yaitu dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Sekolah yang dipilih dan diperbolehkan untuk membuka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas adalah sekolah-sekolah yang sanggup dan siap  serta telah mengisi formulir dan survey di Dapodik Kemendikbud dan Simdik. Namun demikian Tim Covid-19 Kelurahan dan Kecamatan perlu melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kesiapan PTM Terbatas tersebut. Monev diperlukan untuk melihat sejauhmana kesiapan sekolah khususnya SMP PGII 1 Bandung dalam mempersiapkan diri untuk PTM Terbatas. Hal ini agar nantinya pada pelaksnaan PTM Terbatas berjalan normal, lancar dengan protokol kesehatan secara ketat  sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

SMP PGII 1 Bandung telah dilakukan Monitoring dan Evaluasi perihal Kesiapan Sekolah yang akan melaksanakan proses pembelajaran tatap muka (PTM) Terbatas Bandung oleh Tim Kesehatan dan Satgas Covid-19 dari Puskesmas Lebakgede Coblong, Lurah Lebakgede, Camat Coblong dan Dinas Pendidikan Kota Bandung melalui Pengawas Sekolah melalui Daftar Periksa dan Berita Acara.

Sekolah yang lolos verifikasi  dapodik, simdik dan Monev Tim Satgas Covid-19 tersebut, Alhamdulillah SMP PGII 1 Bandung menjadi satu-satunya SMP di Wilayah Coblong dan Bandung Utara dan hanya 42 dari 268 sekolah se-Kota Bandung sebagai Piloting Sekolah Pelaksana Ujicoba/Simulasi PTM Terbatas di Kota Bandung yang dapat melaksanakan Ujicoba/Simulasi PTM Terbatas di Kota Bandung mulai tanggal 7 s.d. 18 Juni 2021.

Sehubungan dengan Kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 7 dan 8 Tahun Pelajaran 2020/2021, maka SMP PGII 1 Bandung akan mulai melaksanakan Uji Coba/Simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas mulai tanggal 15-18 Juni 2021.

Hal ini dapat terlaksana berkat dukungan pengurus Yayasan dan warga sekolah yang telah mengupayakan personal dan sarana prasarana yang sesuai dan dibutuhkan dalam melaksanakan PTM Terbatas tersebut memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian, Pemerintah Daerah dan Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Berbagai komponen baik personal maupun sarana prasarana telah dipersiapkan guna persiapan pelaksanaan PTM ini, diantaranya :

  • Bahan dan alat kesehatan yang memadai baik jumlah maupun spesifikasinya telah disiapkan oleh sekolah (Thermo Gun, Hand Sanitizer, Disinfektan, Masker, Face Shield, Sabun Cuci Tangan, Container Sabun Cuci Tangan, Bilik Disinfektan, Air yang mengalir secara terus menerus, rompi tim satgas, baju APD dan lain-lain)
  • Tersedianya Ruang Isolasi dan UKS
  • Desain kurikulum PTM telah disusun (maksimal 2 jam x 60 menit)
  • Peserta didik yang hadir di sekolah disusun sedemkian rupa sesuai ketentuan
  • Sosialisasi ke orang tua dan peserta didik
  • Terbentuknya Tim Covid-19 Satuan Pendidikan
  • Kesiapan seluruh warga sekolah untuk mentaati Protokoler Kesehatan dan Pencegahan Covid-19 di sekokah dengan menerapkan 5M
  • Membawa bekal dari rumah masing-masing
  • Tersedianya Jadwal PTM Terbatas
  • Tersedianya Jadwal Tim Satgas Covid-19 di sekolah
  • Siap melaporkan kegiatan PTM ke Tim Satgas Puskesmas dan Disdik setiap hari
  • dan seterusnya

Walaupun demikian sekolah tetap melaksanakan kombinasi pembelajaran yaitu tatap muka dan PJJ. Hal ini dilakukan karena peserta didik yang hadir di sekolah setiap hari di sekolah adalah 25% sehingga sisanya melaksanakan PJJ di rumah masing-masing.

PTM Terbatas ini dilaksanakan secara bertahap sebagai berikut :

  1. Ujicoba/Simulasi
  2. Transisi
  3. Adaftasi Kebiasaan Baru (AKB)
  4. Normal PTM

Semua tahapan kegiatan PTM Terbatas tersebut adalah pembiasaan dan menguatkan adaftasi kebiasaan baru agar menjadi habit karena melaksanakan tatap muka dengan melaksanakan protokol Kesehatan yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu mohon dukungan dari Tim Satgas Puskesmas, Kelurahan, Kecamatan, Dinas Pendidikan Kota bandung, Pengurus Yayasan dan warga sekolah agar pelaksanaan PTM Terbatas ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Galeri

Sumber: Kepala Sekolah    Tanggal: 10 -06 -2021   Hits: 182
Tags: Sekolah Piloting Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, PTM Terbatas, Monev Covid-19 SMP PGII 1 Lebakgede Coblong Kota Bandung