MUHASABAH

15. Kemudian, sesudah itu, sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan mati.

Al Mu'minuun (23) ayat : 15

Program B2SA Goes To School di SMP PGII 1 Bandung: Menuju Generasi Emas 2045

Pada Selasa, 28 Mei 2024, SMP PGII 1 Bandung menjadi salah satu sekolah pelaksanaan program Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Goes To School. Acara ini merupakan bagian dari Kampanye Sekolah Sehat (KSS) yang diselenggarakan oleh Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Tujuan utama program ini adalah mendukung terciptanya generasi emas 2045 dengan meningkatkan kesadaran peserta didik mengenai pentingnya pola pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman. Lihat Photo

Rangkaian Acara:
Acara dimulai dengan penuh khidmat melalui serangkaian kegiatan yang terstruktur. Berikut adalah rangkaian acara yang dilaksanakan:

Acara dibuka dengan sambutan hangat dari MC yang menyambut para hadirin. dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya: Para peserta didik dan seluruh hadirin menyanyikan lagu kebangsaan sebagai bentuk penghormatan.

Dilanjutkan dengan do'a untuk memohon kelancaran dan keberkahan acara dan sambutan-sambutan.

Sambutan Kepala SMP PGII 1 Bandung: Bapak Kepala SMP PGII 1 Bandung memberikan sambutan yang penuh semangat, menekankan pentingnya program B2SA bagi kesehatan dan kecerdasan siswa.

Sambutan Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan PGII Bandung: Ketua Pengurus Yayasan juga memberikan sambutan, mendukung penuh inisiatif ini sebagai langkah positif dalam mendidik siswa tentang pentingnya pola makan yang sehat.

Sambutan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat: Sambutan yang diwakili oleh Drh. Indriantari, menggarisbawahi peran penting dinas dalam mendukung program B2SA.

Penandatanganan dan Penyerahan Simbolis: Setelah sambutan-sambutan, dilakukan penandatanganan berita acara B2SA sebagai tanda resmi dimulainya program di SMP PGII 1 Bandung. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kegiatan B2SA kepada pihak sekolah dan penyerahan lunch box secara simbolis kepada perwakilan siswa.

Edukasi dan Hiburan: Sesi berikutnya diisi dengan penyampaian materi oleh Pergizi Pangan Indonesia, yang memberikan pengetahuan mendalam mengenai pentingnya gizi seimbang dan keamanan pangan. Untuk menambah keceriaan dan interaktivitas, diadakan Edu-Games yang melibatkan seluruh peserta didik. Permainan edukatif ini dirancang untuk memperkuat pemahaman siswa tentang pentingnya konsumsi pangan yang sehat.

Penutup yang Meriah: Acara ditutup dengan doorprize yang memberikan hadiah menarik kepada para peserta, dan diakhiri dengan pembagian lunch box B2SA kepada seluruh siswa. Lunch box ini berisi makanan yang disusun berdasarkan prinsip B2SA, memberikan contoh nyata bagaimana penerapan pola makan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman.

Program B2SA Goes To School ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kesadaran siswa sejak dini mengenai pentingnya pola makan yang sehat. Dengan kolaborasi antara Badan Pangan Nasional dan Kemendikbudristek, diharapkan dapat terwujud generasi emas 2045 yang tidak hanya sehat dan cerdas, tetapi juga berkarakter kuat (Membangun Generasi Sehat, Cerdas, dan Berkarakter) SMP PGII 1 Bandung telah memberikan contoh nyata bagaimana sekolah dapat menjadi mitra aktif dalam kampanye kesehatan dan gizi seimbang, demi masa depan bangsa yang lebih baik. Lihat Photo

Sumber: Inen Supriatna    Tanggal: 30 -05 -2024   Hits: 86
Tags: SMP PGII 1 Bandung, program Beragam, Bergizi Seimbang, Aman, (B2SA) Goes To School, Kampanye Sekolah Sehat (KSS), Badan Pangan Nasional, (National Food Agency/NFA), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)