MUHASABAH

236. Tidak ada kewajiban membayar (mahar) atas kamu, jika kamu menceraikan isteri-isteri kamu sebelum kamu bercampur dengan mereka dan sebelum kamu menentukan maharnya. Dan hendaklah kamu berikan suatu mut'ah (pemberian) kepada mereka. Orang yang mampu menurut kemampuannya dan orang yang miskin menurut kemampuannya (pula), yaitu pemberian menurut yang patut. Yang demikian itu merupakan ketentuan bagi orang-orang yang berbuat kebajikan.

Al Baqarah (2) ayat : 236

Yayasan Pendidikan PGII Bandung Melakukan Teaching Audit untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Sekolah

Dalam upaya menjaga mutu dan kualitas pembelajaran, Yayasan Pendidikan PGII Bandung mengadakan Kegiatan Teaching Audit terhadap guru-guru tetap dan full employment di semua unit sekolah yang dimilikinya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29-31 Januari 2024 untuk kampus Panatayuda dan 1-2 Februari 2024 untuk kampus Pahlawan.

Sebanyak 51 guru dari empat unit sekolah, termasuk SMP PGII 1, SMA PGII 1, SMP PGII 2, dan SMA PGII 2 Bandung, menjadi objek evaluasi dalam kegiatan ini. Evaluasi dilakukan terhadap enam aspek, yaitu spiritual, profesional, pedagogik, kepribadian, sosial, dan penilaian. Para siswa menjadi penilai utama dalam kegiatan ini, dimana setiap guru dinilai oleh minimal 30 siswa dari perwakilan semua kelas yang diajarinya.

Kegiatan ini melibatkan total 1624 siswa yang memberikan penilaian secara objektif melalui aplikasi PGII Smart School yang dikembangkan oleh YP PGII. Hasil penilaian dapat dipantau secara real-time melalui format lembar laporan yang telah ditetapkan.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran tentang kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh masing-masing guru selama ini. Hasil dari teaching audit ini akan menjadi bahan evaluasi bagi yayasan dan setiap unit sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di masa yang akan datang.

Dalam rapat kerja tahunan 2023/2024, Pimpinan Yayasan PGII telah menggarisbawahi karakteristik guru hebat yang diharapkan, antara lain, membuat topik pembelajaran menarik, kreatif, melayani siswa secara individual, mengetahui cara menata perilaku siswa, menjadi pembelajar aktif, mengajar dalam konteks dengan contoh nyata, memiliki standar tinggi, bersikap mendukung terhadap siswa, memiliki kematangan emosi, dan memperjuangkan kesamaan hak siswa.

Semoga hasil dari teaching audit ini dapat menjadi landasan evaluasi yang baik untuk proses pembelajaran di masa mendatang, semakin mengokohkan visi PGII sebagai lembaga pendidikan yang unggul dan berkualitas.

Sumber: admin    Tanggal: 28 -02 -2024   Hits: 66
Tags: mutu pendidikan, pembelajaran, sekolah hebat, yayasan pendidikan pgii, kualitas sekolah, kegiatan teaching audit