Hasil Evaluasi Pelaksanaan Ujian Sekolah 2012-2013

Ujian Sekolah di tingkat Satuan Pendidikan SMP telah dilaksanakan pada tanggal 25 s.d. 30 Maret 2013 dan Pra UN Tingkat Bandung Utara dari tanggal 3-6 April 2013 yang lalu. Secara umum pelaksanaan Ujian Sekolah berjalan dengan baik, lancar, tertib dan aman.

Selama ujian berlangsung para siswa sangat bersemangat, khususnya SMP PGII 1 Bandung yang melaksanakan kegiatan kegiatan proses belajarnya pada siang hari, namun saat Ujian Sekolah para siswa harus hadir pagi hari.

Ujian Sekolah adalah salah satu pelaksanaan program kegiatan pengembangan sistem penilaian yang dilakukan sekolah yang merupakan salah satu program besar kementrian pendidikan nasional selain Ujian Nasional. Mata Ujian Sekolah terdiri atas mata pelajaran yang di-UN-kan dan tidak di-UN-kan. Seluruh mata pelajaran tersebut masuk dalam penghitungan nilai yang disebut dengan NS (nilai Sekolah) yang mempunyai bobot nilai 40%, setelah mendapat gabungan nilai dari Rata-Rata Nilai Raport  Semester 1-5 ditambah nilai Ujian Sekolah. Sehingga untuk kriteria kelulusannya para siswa nilai ini akan menjadi (NS x 40%) + (UN x 60%) = NA.

Berdasarkan evaluasi pelaksanaan Ujian Sekolah dan Pra UN yang sudah dilaksanakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para siswa, khususnya siswa SMP PGII 1 Bandung sebagai bahan menghadapi Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 22-25 April 2013
, antara lain :

Masih ada yang terlambat hadir

45 menit sebelum pelaksanaan ujian harus sudah hadir, jadi jangan sampai terlambat hadir mengingat pelaksanaan ujian pagi hari.

Seragam tidak lengkap
Seragam sekolah harus lengkap  beserta atributnya, sepatu harus hitam dan berambut yang rapi (untuk ikhwan).

Pengisian LJK

Nama Peserta

Mengisi nama peserta pada LJK masih ada yang salah. Menuliskan huruf N, tapi yang dihitamkan bulatan huruf O.
Maih ada ada yang kosong, menuliskan huruf K tapi bulatan huruf K-nya tidak dihitamkan.
Nomor Peserta

Mengisi nomor peserta harus lengkap dan hati-hati jangan sampai ada yang kosong.Anda mengisi 9 kotak nomor peserta maka harus menghitamkan bulatannya 9 pula.
Masih ada yang terbalik angka-angkanya. Contoh : seharusnya 011060018 ditulis 101060018

Jangan tergesa-gesa

Selama mengerjakan soal ujian jangan tergesa-gesa, baca petunjuk soal dengan baik dan kerjakan dengan tenang. Masih banyak bulatan yang tidak dihitamkan menunjukkan anda masih bersikap tergesa-gesa.

Periksa kembali LJK Anda

Sebelum tanda waktu mengerjakan soal berakhir. Anda harus memeriksa kembali LJK anda, apakah sudah terisi semua atau belum, pastikan tidak ada yang kosong, tidak ada yang terbalik khususnya pada nomor peserta dst.

Masih banyak nilai yang kurang baik

Hasil US yang lalu ternyata masih banyak nilai yang kurang baik, Upayakan belajar yang optimal untuk nanti UN (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA). Bila ada yang dirasakan sulit silahkan bertanya kepada guru anda. Insya Allah para guru dengan orang tua senang hati membantu anda. Ingat! Kesuksesan anda merupakan kebahagiaan bagi guru anda.

Sering berlatih soal

Bukan saja anda harus menghafal tetapi berlatih soal untuk mengaplikasikan rumus yang tepat. Lakukan evaluasi terhadap latihan soal-soal itu. Agar kelak pada saat UN apabila ada soal yang serupa tidak mendapat kesulitan dalam mengerjakannya.

Hormati para pengawas dengan baik

Saat UN nanti pengawasan dilakukan secara silang. Jadi yang akan menjadi pengawas di sekolah kita adalah guru-guru dari sekolah lain. Hormati mereka dengan baik sebagaimana anda menghormati guru-guru anda sendiri. (Salam, Senyum, Sapa)

Jaga kesehatan anda
Untuk dapat mengerjakan ujian dengan baik tentu harus didukung pula dengan kondisi kesehatan yang baik. Di rumah belajar yang optimal dan tidur yang cukup, sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat ke sekolah.

Berdoa setiap mau memulai dan mengakhiri ujian

Jangan lupa untuk berdoa baik sebelum mengerjakan ataupun setelah selesai mengerjakan soal. Agar selama ujian anda diberikan ketenangan dan kemudahan.

Minta restu dan doa dari orang tua anda

Doa orang tua adalah doa yang diijabah oleh Allah. Oleh karena itu mintalah restu dan doa kepada orang tua.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan, Keluarga Besar SMP PGII 1 Bandung mendukung dan berdoa semoga anda semua memperoleh nilai baik dan para siswa SMP PGII 1 Bandung lulus 100%. Amiin.

Oleh : Inen Supriatna, A.Md. (Kepala Tata Usaha SMP PGII 1)

Sumber: inenthea    Tanggal: 06 -04 -2013   Hits: 6008
Tags: evaluasi ujian sekolah,ujian nasional,yang perlu diperhatikan,tips dan triks